Cari Referensi Bisnis Apa?

Bisnis MLM/Networking Benarkah Potensinya Bagus?

Modal yang relatif lebih kecil, waktu dan tempat usaha fleksibel, dan penghasilan passive income adalah faktor yang membuatnya menarik dan menjadikan bisnis berbasis jaringan ini sebagai bisnis yang diidam-idamankan. Tapi sayangnya tidak sedikit yang memandang sebelah...

Khawatirkah Anda Dengan Terjadinya Krisis Ekonomi?

Saya pernah mendengar cerita dari seorang kenalan yang habis dari salon. Waktu itu dia mengeluhkan harga dan biaya-biaya yang mesti ia keluarkan untuk perawatan dirinya di salon yang naik hampir 2 kali lipat dari biasanya, dan hal ini membuat keuangannya semakin...

Merubah Nasib Dengan Mencari Penghasilan Tambahan

Walaupun seseorang sudah memiliki sumber penghasilan (baik tetap maupun tidak tetap), sebagian dari mereka ternyata masih membutuhkan dan mencari yang namanya sumber penghasilan lain yang ingin ia dapatkan tanpa harus meninggalkan pekerjaan yang sekarang. Keinginan...

Berburu Passive Income, Begitu Menggoda!

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya aktif income, dan sebagian besar masyarakat kita mendapatkan penghasilan dari jenis aktif income ini. Di aktif income tersebut, kita akan memperoleh uang setelah kita melakukan suatu pekerjaan. Jadi kita baru akan...

Kisah Inspiratif: Belajar Dari Kisah Gadis Penari Balet

[ADSTOP]Dikisahkan ada seorang gadis muda yang memiliki bakat alami sebagai seorang penari balet. Bakat menarinya ini sangat menonjol dibanding dengan rekan-rekan seusianya yang lain, sehingga seringsekali dia memperoleh juara pada pertandingan-pertandingan yang dia...

Info Dunia Usaha & Entrepreneurship Lainnya

Bisnis MLM/Networking Benarkah Potensinya Bagus?

Modal yang relatif lebih kecil, waktu dan tempat usaha fleksibel, dan penghasilan passive income adalah faktor yang membuatnya menarik dan menjadikan bisnis berbasis jaringan ini sebagai bisnis yang diidam-idamankan. Tapi sayangnya tidak sedikit yang memandang sebelah mata akan bisnis ini sehingga kurang dilirik.

Hal ini bisa terjadi karena yang ditawarkan dalam ide bisnis networking ini adalah sebuah harapan dari seseorang yang belum atau tidak bisa dilihat-nya saat ini juga atau dalam waktu dekat.

Seorang Pegawai Juga Selama Ini Hidup Dari Kegiatan Bisnis Networking?

bisnis MLM dan NetworkingTapi jika mau jujur, selama ini sebenarnya hampir setiap orang hidup justru dari pekerjaan seperti yang dilakukan oleh seorang pemain bisnis MLM atau networking ini. Yah, bisa penulis katakan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh seorang pemain bisnis nerbasis jaringan ini sebenarnya (dan memang pada kenyataannya) juga dilakukan oleh para tenaga pemasaran sebuah perusahaan manapun seperti mencari pelanggan, menambah calon pelanggan (prospek), mengejar target penjualan, melakukan followup, dsb.

Nah, tentunya setiap pegawai (orang yang bekerja untuk orang lain) selama ini bisa hidup atau memperoleh uang dari gaji yang diperoleh dari pekerjaan para tenaga pemasaran dan penjualan di perusahaan tempat dimana ia bekerja. Padahal pekerjaan para tenaga pemasaran dan penjualan di perusahaan tersebut melakukan pekerjaan yang relatif sama/mirip dengan apa yang dilakukan oleh para pemain bisnis MLM atau bisnis networking tersebut.

Apa Sebenarnya Yang Dicari/Dikejar Dari Bisnis MLM Ini?

Tapi seperti yang saya katakan diawal, bahwa ide bisnis MLM atau bisnis networking ini adalah sebuah bisnis yang menawarkan sesuatu yang tidak nampak (yaitu impian), yang kemudian untuk bisa meraih impian tersebut Anda dilengkapi dengan sebuah sisyem usaha dan produk-produk yang nyata terlihat yang berfungsi sebagai kendaraan atau wadah yang akan membantu Anda untuk meraih atau mencapai impian atau cita-cita Anda tersebut.

Supaya anda punya gambaran, cobalah membayangkan diri Anda sedang melihat seekor anjing yang sedang melihat dan mengejar mangsanya, sementara mangsanya ini terus berlari kesana-kemari.

Nah, sekarang coba mangsa si anjing ini Anda hilangkan dari bayangan Anda, maka yang terlihat adalah hanya seekor anjing yang lari kesana kemari tanpa terlihat apa yang ia sedang kejar.

Dan seperti itulah terkadang pandangan sebagian orang mengenai ide bisnis MLM atau bisnis networking ini, karena yang dikejar dari bisnis tersebut sesungguhnya adalah impian (dream) seseorang yang memang tidak terlihat.

Setiap orang tentunya punya dream atau impian yang berbeda-beda. Namun secara umum bisa dikelompokkan dalam daftar dibawah ini:

A. Penghasilan Tambahan

Ini adalah salahsatu yang bisa Anda peroleh dari bisnis MLM/Networking, yaitu bisa memperoleh penghasilan tambahan yang besarnya bisa Anda tentukan sendiri, tapi juga dipengaruhi bagaimana Anda melakukannya dan seberapa kuat kenginan Anda untuk memperoleh penghasilan tambahan tersebut.

B. Pensiun Dini Dari Tempat Kerja Saat Ini

Meereka yang bekerja disebuah perusahaan sebagai karyawan atau pegawai, tentunya sulit untuk mengajukan pensiun dini jika belum ada backup karir mereka, karena tentunya penghasilan mereka akan langsung terputus.

Nah, bisnis MLM ini juga menawarkan kesempatan untuk punya backup karir yang bisa Anda jadikan modal untuk mengajukan pensiun dini/

C. Bisa Sebagai Backup Karir

Sebagai seorang pegawai atau karyawan sebuah perusahaan, setiap saat bisa saja Anda tidak bekerja lagi.

Entah itu karena sakit, kondisi keluarga atau tempat tinggal, pensiun normal, kena PHK, dsb.

Nah, dengan menjalankan bisnis networking ini diluar dari jam kantor Anda, maka suatu saat usaha MLM yang dirintis bisa menjadi backup karir Anda.

D. Bisa Punya Waktu Yang Lebih Banyak & Berkualitas Bersama Keluarga/Pasangan

Jika adan membangun jaringan usaha Anda dengan cara yang benar dan ter-duplokasi, maka Anda akan bisa memiliki waktu yang lebih banyak dan berkualitas bersama keluarga maupun pasangan.

Hal ini karena jaringan usaha yang sudah Anda bangun sudah bisa jalan dan beroperasi sendiri tanpa mengharuskan kehadiran Anda.

Hal ini seperti yang dialami oleh pemilik sebuah perusahaan atau pemilik modal usaha konvensional karena perusahaannya sudah ada orang-orang yang menjalankan roda usahanya (perusahaannya).

E. Belajar Kewirausahaan/Entrepreneurship

Bisnis MLM atau bisnis networking yang baik biasanya dilengkapi dengan sarana training atau pelatihan untuk membuat Anda menjadi seorang pebisnis yang profesional.

Dengan demikian Anda bisa belajar tentang dunia entrepreneurship dan kewirausahaan melalui usaha berbasis jaringan ini.

F. Ingin Membantu Orang Lain

Selain untuk mencapai keinginan atau cita0cita sendiri, Anda juga bisa menjadikan bisnis ini untuk membantu orang lain untuk juga bisa memiliki sumber penghasilan atau kendaraan untuk mencapai cita0cita mereka.

Sehingga mereka juga nantinya bisa punya penghidupan yang layak, ataupun penghidupan yang lebih baik.

G. Meringankan Beban Orangtua

Untuk Anda yang saat ini masih status mahasiswa ataupun pelajar, maka bisnis MLM atau networking ini bisa menjadi sarana Anda untuk membantu meringankan beban orangtua dalam membiayai pendidikan Anda.

Melalui usaha bisnis berbasis jaringan ini Anda bisa mendapatkan uang untuk keperluan uang kuliah atau uang pendidikan Anda, termasuk untuk keperluan lainnya.

Cara Untuk Sukses Di Bisnis MLM atau Bisnis Networking

Untuk sukses dalam ide bisnis berbasis jaringan yang oleh orang banyak lebih dikenal dengan istilah bisnis MLM atau bisnis Networking ini Anda haruslah bisa konsisten dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya. Hal ini karena biasanya sebuah jaringan hanya bisa dibangun jika secara terus menerus dibentuk. Jika seandainya Anda berhenti atau meninggalkan jaringan Anda ditengah jalan, maka kemungkinan besar yang terjadi adalah Anda harus memulainya lagi dari awal untuk membentuk dan membangun jaringan Anda kembali.

Dan biasanya tahun pertama Anda dalam bisnis networking (MLM) sangat menentukan apakah Anda bisa bertahan di bisnis berbasis jaringan tersebut atau tidak. Ditahun pertama pula Anda bisa melihat dan memperkirakan ide bisnis networking Anda kedepan seperti apa dan sebesar apa. Jadi tahun pertama Anda sebaiknya digunakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk membangun pondasi bisnis berbasis jaringan Anda yang kuat. Salahsatunya yang paling penting adalah mempelajari dan menguasai bisnis Anda sendiri.

Anda mungkin akan membutuhkan alat bantu usaha serta panduan-panduan dalam menjalankan ide bisnis MLM anda ini. Panduan ini bisa berupa sebuah sistem kerja yang biasanya akan dijadikan patokan untuk dikerjakan setiap harinya oleh para pebisnis MLM. Sistem kerja ini seharusnya bisa menjadi acuan untuk dilakukan setiap harinya hingga membentuk sebuah kebiasaan untuk mencapi sebuah target atau goal yang diinginkan.

Pengertian Dan Ulasan Lainnya Tentang Bisnis MLM/Networking

Ada sebuah ulasan menarik mengenai bisnis MLM ini yang juga bisa Anda baca di artikelnya yang berjudul “Bisnis MLM Tidak Mau Lagi, Tapi Saya Butuh”

Artikel-nya bisa dibaca Disini →

Dalam artikel tersebut diuraikan secara singkat mengapa bisnis MLM atau bisnis networking ini menarik, dengan menampilkan skema atau struktur organisasi sebuah perusahaan dan juga struktur organisasi sebuah bisnis MLM/networking yang sebenarnya memiliki konsep yang saya tapi berbeda.

Memang benar dalam bisnis MLM atau bisnis networking, Anda akan mencari uang. Namun sebaiknya dalam menjalankan ide bisnis berbasis jaringan ini arahkanlah tujuan Anda untuk membantu orang lain untuk sukses seperti Anda ataukah seperti orang-orang yang sudah sukses  di bisnis MLM atau Networking Anda tersebut.

Selain itu sebagai mitra bisnis, bantulah mereka (downline atau jaringan Anda) dengan cara memberi solusi terhadap masalah-masalah yang mereka hadapi. Dengan mengedepankan tujuan Anda untuk membantu orang lain ini, maka percayalah, dalam bisnis MLM atau bisnis networking ini uang akan datang dengan sendirinya nanti dalam bentuk passive income ataupun aktive income dari usaha berbasis jaringan yang sudah Anda bentuk tersebut.